SEPTIANI, RAFIKA (2011) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM (SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL) ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (229kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) pengaruh partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) pengaruh kedisiplinan belajar dan partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA PPMI (SBI) Assalaam Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA PPMI (SBI) Assalaam Sukoharjo tahun ajaran 2010/ 2011 yang berjumlah 58 siswa. Agar hasil penelitian ini akan semakin baik, maka semua populasi yang berjumlah 58 siswa dijadikan subjek penelitian sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi linear ganda yang diperoleh adalah Y = 56,838 + 0,297X1 + 0,212X2. 2) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,971 > 2,004 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,761 > 2,004 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Kedisiplinan belajar dan partisipasi dalam interaksi edukatif secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 29,928 > 3,165 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif 22,6% dan variabel partisipasi dalam interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 29,5%. Jadi total sumbangan efektif adalah 52,1%, sedangkan 47,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011-001 |
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan belajar, partisipasi dalam interaksi edukatif dan prestasi belajar akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2011 07:41 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 06:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11471 |
Actions (login required)
View Item |