PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM (SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL) ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

SEPTIANI, RAFIKA (2011) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM (SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL) ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) pengaruh partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) pengaruh kedisiplinan belajar dan partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA PPMI (SBI) Assalaam Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA PPMI (SBI) Assalaam Sukoharjo tahun ajaran 2010/ 2011 yang berjumlah 58 siswa. Agar hasil penelitian ini akan semakin baik, maka semua populasi yang berjumlah 58 siswa dijadikan subjek penelitian sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi linear ganda yang diperoleh adalah Y = 56,838 + 0,297X1 + 0,212X2. 2) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,971 > 2,004 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,761 > 2,004 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Kedisiplinan belajar dan partisipasi dalam interaksi edukatif secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 29,928 > 3,165 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif 22,6% dan variabel partisipasi dalam interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 29,5%. Jadi total sumbangan efektif adalah 52,1%, sedangkan 47,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011-001
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan belajar, partisipasi dalam interaksi edukatif dan prestasi belajar akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2011 07:41
Last Modified: 18 Apr 2011 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11471

Actions (login required)

View Item View Item