SETYANINGSIH, TRI (2011) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (255kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode konvesional dengan metode peta konsep. Jenis penelitan ini adalah penelitian komperatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMA 2 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 Sebanyak 8 kelas yang berjumlah 328.Sampel yang di ambil 2 kelas sebanyak 82 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi metode konvesional dengan metode peta konsep pada siswa kelas X SMA N Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel (5,046>2,021) pada taraf signifiikansi 5% hasil belajar ekonomi pada pembelajaran menggunakan metode peta konsep (8,220) lebih tinggi dari pada hasil belajar Konvesional (7,024) atau terdapat selisih sebesar 1,196. Artinya pembelajaran peta konsep lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode konvesional, peta konsep, hasil belajar ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2011 04:11 |
Last Modified: | 13 Apr 2011 04:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11447 |
Actions (login required)
View Item |