STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KHAMDANI, AGUS WALID (2011) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa PPMI Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang diambil 2 kelas sebanyak 55 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai t-tes > ttabel atau 3,664 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil belajar ekonomi pada pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw (8,515) lebih tinggi dari pada hasil belajar dengan menggunakan metode STAD (7,897) atau terdapat selisih sebesar 0,618. Artinya pembelajaran dengan metode Jigsaw lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Jigsaw dan STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi hasil belajar ekonomi, metode Jigsaw, dan metode student-team achievement divisions (STAD).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2011 03:37
Last Modified: 13 Apr 2011 03:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11445

Actions (login required)

View Item View Item