KHAMDANI, AGUS WALID (2011) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (255kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa PPMI Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang diambil 2 kelas sebanyak 55 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai t-tes > ttabel atau 3,664 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil belajar ekonomi pada pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw (8,515) lebih tinggi dari pada hasil belajar dengan menggunakan metode STAD (7,897) atau terdapat selisih sebesar 0,618. Artinya pembelajaran dengan metode Jigsaw lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Jigsaw dan STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Studi komparasi hasil belajar ekonomi, metode Jigsaw, dan metode student-team achievement divisions (STAD). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2011 03:37 |
Last Modified: | 13 Apr 2011 03:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11445 |
Actions (login required)
View Item |