WANINDA, ASTRIANA RENGGANIS (2011) PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf Download (211kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (67kB) |
|
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan teknik survey. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dengan jumlah seluruhnya 212 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,926 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,919 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 26,144 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 19,6% dan variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 28,2%. Jadi total sumbangan efektif adalah 47,8%, sedangkan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelit
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011-013 |
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, motivasi belajar dan prestasi belajar IPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Apr 2011 05:14 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 06:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11423 |
Actions (login required)
View Item |