FATONAH, SITI (2011) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (271kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N I Sambirejo kabupaten Sragen kelas VII. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupaten Sragen sejumlah 252 siswa. Sampel diambil sebanyak 146 orang siswa dengan teknik random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,488 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Cara belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,970 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 45,951 > 3,059 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah memberikan sumbangan efektif 18,2%. Variabel cara belajar siswa memberikan sumbangan efektif 20,9%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel cara belajar siswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011-012 |
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan perpustakaan sekolah, cara belajar dan prestasi belajar ekonomi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Apr 2011 10:23 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 06:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11408 |
Actions (login required)
View Item |