RHIEZQY, ZHARROH (2011) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
PRA_HALAMAN.pdf Download (184kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kreativitas belajar akuntansi siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen 2) Pengaruh kemampuan berfikir kritis terhadap kreativitas belajar akuntansi siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen. 3) Pengaruh motivasi berprestasi dan kemampuan berfikir kritis terhadap kreativitas belajar akuntansi siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Sambungmacan Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sambungmacan Sragen yang berjumlah 149 siswa. Sampel diambil sebanyak 105 orang siswa dengan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi berprestasi dan kemampuan berfikir kritis berpengaruh terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan analisi regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 7,674 + 0,385X1 + 0,425X2. 1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,765 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kemampuan berfikir kritis berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,353 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Motivasi berprestasi dan kemampuan berfikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMAN 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 39,888 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel motivasi berprestasi memberikan sumbangan relatif sebesar 45,7% dan sumbangan efektif 20,1%. Variabel kemampuan berfikir kritis memberikan sumbangan relatif sebesar 54,3% dan sumbangan efektif 23,8%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011-004 |
Uncontrolled Keywords: | motivasi berpestasi, kemampuan berfikir kritis dan kreativitas belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Apr 2011 09:19 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 05:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11403 |
Actions (login required)
View Item |