WIDIYASTUTI , DYAH (2008) PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII SMP N I SUSUKAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410040087.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan Persamaan Linier Satu Variabel dengan menggunakan strategi konflik kognitif dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII A dan subyek yang membantu pelaksana tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Sedangkan siswa kelas VII A SMP N I Susukan tahun ajaran 2007/ 2008 yang berjumlah 38 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pertama, berdasarkan dialog awal yang dilakukan melalui kerja kolaborasi diperoleh kesepakatan bahwa untuk mengatasi masalah keaktifan (1) mengerjakan soal latihan, (2) mengerjakan soal ke depan kelas, (3) bertanya dilakukan dengan menerapkan strategi konflik kognitif. Kedua, pembelajaran matematika dengan strategi konflik kognitif dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas secara berarti. Keaktifan siswa mengerjakan latihan soal meningkat sebesar 21,05% sebelum tindakan menjadi 65,8% pada akhir tindakan, keaktifan mengerjakan soal kedepan kelas meningkat sebesar 7,8% sebelum tindakan menjadi 50,0% pada akhir tindakan dan keaktifan bertanya meningkat sebesar 7,8% sebelum tindakan menjadi 55,3% pada akhir tindakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Siswa, Strategi Konflik Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 20 Apr 2009 07:38 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 07:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1138 |
Actions (login required)
View Item |