Dewanto, Muhammad Afif and , Dr. Hafidz, M.Pd.I (2023) Implementasi Media Youtube Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI AF.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan (2).pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
Abstract
Era globalisasi telah membawa perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu dari produk teknologi informasi dan komunikasi yang cukup bagus untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah Youtube. Dalam pemanfaatan media, diperlukan kreativitas dan juga kemauan untuk melek teknologi. Kenyataannya banyak pengajar menggunakan cara lama untuk mengajar. Pendidikan Agama Islam merupakan pelajaran yang wajib di pelajari di SMA Negeri 2 Boyolali. Siswa dituntut untuk memiliki pengetahuan dan berprilaku yang baik. Siswa sekolah menegah akhir merupakan siswa peralihan dengan tingkat kemampuan dan motivasi yang beragam. Penelitian ini akan memaparkan implementasi Youtube sebagai media pembelajaran pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kognitif peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas XI MIPA SMA Negeri 2 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Youtube tersebut dapat merangsang kreatifitas, minat dan motivasi guru untuk menggunakan teknologi. Selain itu melalui media tersebut, keaktifan siswa, kemampuan kognitif siswa mengalami kemajuan. Menggunakan video dari Youtube sebagai media secara tidak langsung meningkatkan minat belajar diantara mereka, dalam hal pencarian ide dan materi sehingga siswa tidak merasa bosan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | youtube, kognitif dan pembelajaran PAI |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. Middle Schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | MUHAMMAD AFIFF DEWANTO |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:01 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/113608 |
Actions (login required)
View Item |