Implementasi Media Youtube Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Boyolali

Dewanto, Muhammad Afif and , Dr. Hafidz, M.Pd.I (2023) Implementasi Media Youtube Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI AF.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan (2).pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract

Era globalisasi telah membawa perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu dari produk teknologi informasi dan komunikasi yang cukup bagus untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah Youtube. Dalam pemanfaatan media, diperlukan kreativitas dan juga kemauan untuk melek teknologi. Kenyataannya banyak pengajar menggunakan cara lama untuk mengajar. Pendidikan Agama Islam merupakan pelajaran yang wajib di pelajari di SMA Negeri 2 Boyolali. Siswa dituntut untuk memiliki pengetahuan dan berprilaku yang baik. Siswa sekolah menegah akhir merupakan siswa peralihan dengan tingkat kemampuan dan motivasi yang beragam. Penelitian ini akan memaparkan implementasi Youtube sebagai media pembelajaran pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kognitif peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas XI MIPA SMA Negeri 2 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Youtube tersebut dapat merangsang kreatifitas, minat dan motivasi guru untuk menggunakan teknologi. Selain itu melalui media tersebut, keaktifan siswa, kemampuan kognitif siswa mengalami kemajuan. Menggunakan video dari Youtube sebagai media secara tidak langsung meningkatkan minat belajar diantara mereka, dalam hal pencarian ide dan materi sehingga siswa tidak merasa bosan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: youtube, kognitif dan pembelajaran PAI
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. Middle Schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: MUHAMMAD AFIFF DEWANTO
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:01
Last Modified: 13 Jul 2023 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/113608

Actions (login required)

View Item View Item