PRAMUDIANTA, ARVINO (2007) ANALISIS PENGARUH MERK, KUALITAS, DAN HARGA PRODUK KOSMETIK POND’S TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (DI FAKULTAS EKONOMI UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
DEPAN.PDF Download (91kB) |
|
|
PDF
BAB_1.PDF Download (20kB) |
|
|
PDF
PUSTAKA.PDF Download (15kB) |
|
PDF
Bab_k.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah: 1) Adakah pengaruh merk, kualitas dan harga produk kosmetik Pond’s secara individual terhadap kepuasan konsumen? 2) Adakah pengaruh merk, kualitas dan harga produk kosmetik Pond’s secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen? 3) Faktor manakah yang paling dominan pengaruhnya diantara ketiga faktor tersebut terhadap kepuasan konsumen? Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah dari keseluruhan obyek. Sampel penelitian yang diambil 100 responden pengguna kosmetik Pond’s di Fakultas Ekonomi UMS dengan teknik random sampling dengan metode convenience, artinya anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sampel, dan berdasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F dan Koefisien Deterninasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pernyataan hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara merk, kualitas dan harga produk kosmetik Pond’s secara individual terhadap kepuasan konsumen dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel merk = 0,287; kualitas = 0,399, harga = 0,270 artinya variabel merk, kualitas, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu didukung hasil uji t diperoleh nilai thitung variabel merk = 3,735; kualitas = 4,510; harga = 3,249 lebih besar ttabel 1,988 pada taraf signifikansi 0,000, 0,000, 0,002, sehingga menolak H0 berarti ada pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel merk (X1), kualitas (X2), harga (X3) terhadap kepuasan konsumen (Y). Pernyataan hipotesis kedua yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara merk, kualitas dan harga produk kosmetik Pond’s secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 86,461 > Ftabel sebesar 2,68 dan didukung dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,721% yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel merk, kualitas dan harga terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 72,1% sedangkan sisanya sebesar 27,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sedangkan pernyataan hipotesis ketiga yaitu kualitas mempunyai pengaruh yang lebih dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen terbukti. Hal ini dibuktikan dari hasil koefisien regresi yang diperoleh nilai koefisien regresi (B) yang paling besar adalah variabel kualitas (X2) sebesar 0,399, dan didukung dari thitung yang sebesar 4,510, sehingga variabel yang paling dominan pengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah variabel kualitas (X2).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | merk, kualitas, harga, kepuasan konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 05 Apr 2011 10:02 |
Last Modified: | 05 Apr 2011 10:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11235 |
Actions (login required)
View Item |