NURLENA, NURLENA (2007) EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (231kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (27kB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas roleplaying dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007.Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data dari setiap akhir pertemuan yaitu dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif selama proses pembelajaran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII C.Sampel penelitian menggunakan tehnik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang didasarkan atas ciri-ciri yaitu siswa kurang termotivasi untuk belajar, banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah.. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III data dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 5,17 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,95,rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,20 dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 7,50 menunjukkan setelah dilakukan pemberian materi dengan metode roleplaying berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,43 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan menggunakan metode roleplaying dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,43 point atau 43%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | roleplaying, hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2011 05:01 |
Last Modified: | 24 Mar 2011 05:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10970 |
Actions (login required)
View Item |