HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006

ROPINGATUN , ROPINGATUN (2007) HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM KLEGO BOYOLALI KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Lampiran)
Deskripsi_Data_Hasil__Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Pendekatan CTL merupakan salah satu upaya yang dipergunakan dalam pembelajaran biologi agar siswa dapat memiliki pengalaman-pengalaman yang langsung terhadap objek yang menjadi pembahasan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitiain ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa Kelas VII Tahun Pelajaran 2005/2006 menggunakan pendekatan CTL dengan observasi dan konvensional dengan merangkum di MTs Miftahul ‘Ulum Klego Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan uji pra syarat test adalah dengan validitas, reliabilitas dan normalitas. Hasil uji t tes diketahui, thitung sebesar 3,538, pada derajat kebebasan n-1 (40-1 = 39) dan α 5% ttabel sebesar 2,15 sehingga thitung lebih besar dari ttabel, atau ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas VII A dengan kelas B. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan ttest, diketahui bahwa terdapat perbedaan perlakuan antara metode pengajaran dengan metode observasi dengan merangkum.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, CTL, Metode Merangkum, Metode Observasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2011 04:27
Last Modified: 18 Mar 2011 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10896

Actions (login required)

View Item View Item