ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD. SABAR MOTOR SURAKARTA

ROZI, FAHRUR (2007) ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD. SABAR MOTOR SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Cover)
1)_Cover.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
2)_Bab_I.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] PDF
Bab_K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya promotional mix yang dilakukan perusahaan, besarnya volume penjualan perusahaan dan menganalisis pengaruh promotional mix terhadap volume penjualan di UD Sabar Motor di Surakarta, dari penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan dan juga sebagai bahan informasi kepada pimpinan perusahaan dalam periklanan, promosi penjualan, serta bentuk promosi yang paling tepat sehingga dapat meningkatkan volume penjualan dimasa yang akan datang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan hubungan variabel independent (periklanan, promosi penjualan dan personal selling) terhadap variabel dependen (volume penjualan). Hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,996 ini menunjukkan bahwa variabel periklanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruh terhadap volume penjualan pada UD Sabar Motor di Surakarta sebesar 99,6%. Sedangkan sisanya sebesar 0,4% mendapat kontribusi dari variabel lain. Pengujian terhadap masing-masing variabel melalui uji diperlolah nilai thitung variabel periklanan sebesar 3,768 sedangkan nilai ttabel sebesar 3,182 artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel periklanan terhadap volume penjualan. Kedua, variabel promosi penjualan mempunyai nilai thitung sebesar 3,886 sedangkan nilai ttabel sebesar 3,182 artinya ada pengaruh yang signifikan variabel promosi penjualan terhadap volume penjualan. Ketiga, variabel personal selling mempunyai nilai thitung sebesar 6,364 sedangkan nilai ttabel sebesar 3,182 artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel personal selling terhadap volume penjualan. Jika dilihat dari nilai Beta personal selling mempunyai nilai koefisien regresi yang paling besar yaitu 13,687 maka dapat ditentukan bahwa personal selling mempunyai pengaruh yang paling dominan dibandingakan periklanan dan promosi penjualan dalam mempengaruhi volume penjualan pada UD Sabar Motor di Surakarta. Pengujian variabel independen secara bersama-sama (periklanan, promosi penjualan dan personal selling) terhadap volume penjualan dilakukan dengan menggunakan uji F, nilai Fhitung sebesar 227,771 lebih besar dari Ftabel yaitu 9,28 artinya secara bersama-sama variabel periklanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruh terhadap volume penjualan di UD Sabar Motor di Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Promosi Penjualan, Personal Selling dan Volume Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Mar 2011 09:09
Last Modified: 16 Mar 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10866

Actions (login required)

View Item View Item