PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) SEBAGAI USAHA MENGEMBANGKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura)

Badriastuti, Nur Afni (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) SEBAGAI USAHA MENGEMBANGKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
dpn.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
pust.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan : 1). Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe GI, 2). Hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe GI. Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Kartasura, objek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B sejumlah 28 siswa, subjek yang membantu pelaksanaan adalah kepala sekolah dan peneliti sebagai subjek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan prosentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1). Peningkatan aktivitas siswa membaca materi mencapai 19 siswa (67,86%), aktivitas siswa berdiskusi mencapai 19 siswa (67,86%), aktivitas siswa menulis laporan mencapai 13 siswa (46,43%), aktivitas siswa memecahkan soal mencapai 16 siswa (57,14%), aktivitas siswa presentasi di depan kelas mencapai 14 siswa (50%). 2). Banyaknya siswa yang memperoleh nilai t 60 mencapai 13 siswa (46,43%), 3). Hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata kelas ( x ) mencapai 59,82. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran koooperatif tipe GI dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika yang bermuara pada meningkatnya hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Aktifitas siswa, Pembelajaran Kooperatif, GL, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2011 05:36
Last Modified: 18 Nov 2019 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10843

Actions (login required)

View Item View Item