FATMAWATI , RINI (2006) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTsN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
a._JUDUL.pdf Download (161kB) |
|
|
PDF (Bab I)
b._BAB-1.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
c._BAB-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab III)
d._BAB-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
e._BAB-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab V)
f._BAB-5pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
g._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Lampiran)
h._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun Ajaran 2005/2006 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah 320 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive proporsional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 9,77 > Ftabel = 3,150, (2) Terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika dengan thitung = 4,400 > Ftabel = 1,96, (3) Terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua di rumah terhadap hasil belajar matematika dengan thitung= 5,104 Ftabel = 1,96. Kontribusi efektif kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 10,21% dan bimbingan belajar orang tua di rumah sebesar 14,04%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas belajar dan bimbingan belajar orang tua di rumah berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, bimbingan, dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2011 04:42 |
Last Modified: | 10 Mar 2011 04:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10775 |
Actions (login required)
View Item |