Rahman Purwanto, Taufiq and , Dr. Mohamad Ali, S.A g., M.Pd (2023) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMPI Al Azhar 21 Solo Baru Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi G000180012.pdf Download (866kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan G000180012.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
Bab I.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (268kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di sekolah-sekolah secara umumnya saat ini masih sangat kurang dalam penerapannya, sedangkan dalam beberapa hal sudah terdapat sekolah yang unggul dan baik dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah nya. Salah satunya adalah SMPI Al Azhar 21 Solo Baru yang sudah memiliki kesan baik dalam menerapkan manajemen nya, baik dari terhadap pendidik, peserta didik, staff, wali murid, serta masyrakat umum. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah serta hambatannya yang dialami oleh SMPI Al Azhar 21 Solo Baru, sehingga bisa mendapatkan insight baru terhadap keunggulan dalam manajemen sekolah yang bisa menjadi acuan serta semangat terhadap sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kemampuan manajemen sekolahnya. Hasil penelitian juga diharapkan menjadi motivasi bagi SMPI Al Azhar 21 Solo Baru bisa terus mempertahankan dan mengembangkan manajemen didalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. peneliti melakukan wawancara terhadap kepala koordinator kurikulum, humas, keuangan, kesiswaan, keagamaan, sarana prasarana, dan tahfidz. peneliti melanjutkan observasi di sekolah guna mendapatkan keabsahan data yang telah didapatkan dari hasil wawancara sebelumnya serta melakukan dokumentasi dengan mengambil beberapa data di sekolah untuk melengkapi penelitian. Analisis data dilakukan dengan memberi arti terhadap data yang dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) upaya implementasi manajemen berbasis sekolah di SMPI Al Azhar 21 Solo Baru melalui 4 tahapan, yakni perencaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. 4 tahapan tersebut berjalan agar implementasi manajemen berbasis sekolah di SMPI Al Azhar 21 Solo Baru bisa berjalan dengan baik dan terstruktu. (2) hambatan yang dialami SMPI Al Azhar 21 Solo Baru berasal dari 2 hal, yakni eksternal dan internal. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Data, Informasi, Perpustakaan |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BA Islam > BA11 Pendidikan Agama Islam L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. Middle Schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | TAUFIQUR RAHMAN PURWANTO |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 03:53 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 03:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/106929 |
Actions (login required)
View Item |