LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI

YAHYA DANI, UMAR (2007) LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab1.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Bab II)
bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (187kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kosa kata dalam lagu anak-anak yang dipelajari oleh anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri, (2) mengetahui pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosakata di Taman Kanak-kanak (TK), dan (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosakata anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian lagu anak-anak sebagai sumber pembelajaran kosakata anak TK. Sumber data diperoleh dari anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catat, dan rekam. Analisis data dengan teknik teknik padan. Hasil penelitian dapat diperoleh suatu simpulan: (1) bentuk-bentk kosakata yang diperoleh oleh anak TK berbentuk kata dasar dan kata jadian. Adapun kata dasar yang diperoleh dalam bentuk sukukata; (2) pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosa kata di Taman Kanak-kanak (TK) dipergunakan sebagai: a) kemampuan berbahasa, b) keterampilan berbahasai, dan c) meningkatkan interaksi sosial; (3) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosa kata anak dengan media syair lagu anak-anak, yaitu: intelegensi, jenis disiplin, posisi urutan anak, status sosial ekonomi, dan lingkungan keluarga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode padan, lagu anak-anak, kosakata , anak TK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2011 08:52
Last Modified: 06 Mar 2012 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10672

Actions (login required)

View Item View Item