ROLIANTO, TERAM (2007) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TEH CELUP TAMBI DI WONOSOBO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Judul)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (204kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (118kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_Daftar_Pustaka.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Bab Komplit)
Bab_Komplit.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Konsumen sangat berperan penting dalam menentukan jenis produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Hal tersebut menuntut perusahaan untuk lebih mengerti konsumen. Ini bukan tugas yang mudah mengingat perubahan-perubahan yang terjadi setiap saat, ditambah lingkungan persaingan global yang semakin ketat dengan masuknya produk-produk baru kepasaran dan kondisi pasar yang jenuh untuk produk-produk tertent, tugas mengelola loyalitas pelanggan menjadi tantangan yang tidak ringan. Menghadapi era globalisasi ini, PT. Tambi sebagai perusahaan yang memproduksi teh celup Tambi berusaha menempatkan kepuasan konsumen sebagai tujuanya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada para konsumen. Kualitas pelayanan tersebut terdiri dari kualitas produk, harga, promosi, distribusi, dan public relation. Teh Celup Tambi menyebutnya dengan kualitas 4P+. Sebenarnya konsep ini diperoleh dari konsep inti pemasaran yang dikemukakan olah Kotler dalam konsep mega marketing. (product, price, promotion, distribution, power and public relation). Namun dalam perkembanganya teh celup tambi lebih memberikan penekanan pada unsur produk, harga, promosi, disribusi, dan public relation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen (marketing mix) dengan variabel dependen (loyalitas konsumen), baik secara parsial maupun secara bersama-sama serta mengetahui variabel yang paling dominan. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi bagi teoriteori yang berkaitan dengan perilaku konsumen dan pemasaran, khususnya yang memfokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap merk tertentu. Sedangkan manfaat praktis penelitian di harapkan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk memahami karakteristik pembeli kepada perusahaan yang diteliti sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam rangka menentukan strategi perusahaan terhadap pembentukan layanan konsumen yang berkualitas sehingga pada akhirnya terbentuk loyalitas konsumen terhadap produk teh celup tambi. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pengujian menunjukkan thitung variabel produk, harga, promosi, distribusi, dan public relation sebesar 4.643, 3.115, 2.627, 3.780, dan 2.683 lebih dari ttabel, yaitu sebesar 1.96 yang berarti secara parsial signifikan mempengaruhi loyaitas konsumen. Besarnya Fhitung 31.916 lebih besar dari Ftabel 2.29 yang berarti variabel produk, harga, promosi, distribusi, dan public relation secara bersama mempengaruhi loyalitas konsumen. Kesimpulan yang dapat ditarik antara lain bahwa secara parsial dan bersama variabel produk, harga, promosi, distribusi dan public relation berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Variabel yang paling dominan adalah variabel produk dengan koefisien regresi sebesar 0.344 dan thitung sebesar 4.463. Dari kesimpualan diatas maka saran yang dapat diajukan dalam penelitian sejenis adalah bahwa agar menambah variabel serta desain penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | loyalitas konsumen,kualitas pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 02 Mar 2011 09:31 |
Last Modified: | 02 Mar 2011 09:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10641 |
Actions (login required)
View Item |