PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN DAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2004/2005

Cahyono, Hafidz Rahman Adi (2007) PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN DAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2004/2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal.Depan)
Hal.depan.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB.1.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Daft.pust.Lamp)
Dapust+Lamp.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Full texs)
Full_texs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1). Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, 2). Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, 3). Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hipotesis dari penelitian ini adalah Ada pengaruh yang signifikan antara intensitas pemanfaatan dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan tahun 2004/2005. Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Angkatan 2004/2005 berjumlah 130 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 97 orang mahasiswa. Tehnik pengambilan sampel dengan random sampling dengan cara undian. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket (Kuesioner) dan dokumentasi. Angket yang akan digunakan sebelumnya di uji dengan uji Validitas dan Reliabilitas. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian pada hipotesia, menunjukkan uji t pada variabel X1 menghasilkan nilai t hitung seberar 2,274 > t table sebesar 1,960, uji t pada variabel X2 memperoleh nilai t hitung sebesar 2,076 > t table sebesar 1,960, sedangkan pada uji F menghasilkan F hitung sebesar 6,110 > F tabel sebesar 3,07 pada taraf signifikansi 5 %. Peresamaan regresi yang diperoleh Y = 0,456 + 0,03407 X1 + 0,02392 X2 Taksiran uji memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 11,5 % yang berarti besar sumbangan yang diberikan oleh variabel intensitas pemanfaatan dan kelengkapan sumber belajar terhadap prestasi belajar sebesar 11,5 % sedang sisanya 88,5 % prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: intensitas pemanfaatan sumber belajar, kelengkapan sumber belajar dan prestasi belajar mahasiswa.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Mar 2011 08:21
Last Modified: 21 Nov 2019 03:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10633

Actions (login required)

View Item View Item