Pembudayaan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Tematik Jenjang Pendidikan Dasar Di Giritontro

INDAH PERMATA SARI, DEFFITA and -, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum and -, Dr. Laili Etika Rahmawati (2022) Pembudayaan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Tematik Jenjang Pendidikan Dasar Di Giritontro. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI DEFFI .pdf

Download (678kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran masa pandemi belum opimal, literasi menurun maka perlu pembudayaan literasi digital. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan plaksanaan pembudayaan literasi digital, mendiskripsikan kendala yang dihadapi, dan mendiskripsikan cara mengatasi kendala pembudayaan literasi digital. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, instrumen berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data penelitian yakni analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembudayaan literasi digital dapat melalui kegiatan: 1) pembelajaran berbasis digital, 2)pengenalan penggunaan laptop, 3)edukasi pemanfaatan HP secara bijak. Pembudayaan literasi digital terdapat beberapa kendala yakni: kurangnya keterampilan digital, tidak tersedia akses jaringan internet, sarana prasarana belum mencukupi kebutuhan dan rendahnya minat baca siswa. Upaya yang dapat dilakukan guna mengatasi kendala tersebut 1) Pembuatan jadwal terstruktur kegiatan pembudayaan literasi, 2) Kegiatan dilakukan secara kolektif, 3) Peningkatan kompetensi guru melalui diklat, pelatihan bimtek maupun KKG, 4) Penganggaran pemeliharaan jaringan wifi.Jadi pembudayaan literasi digital dalam pembelajaran tematik di SD perlu ditingkatkan dari segi sarana prasarana, kompetensi pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembudayaan, Literasi Digital, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: DEFFITA INDAH PERMATA SARI
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:30
Last Modified: 19 Aug 2022 02:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104347

Actions (login required)

View Item View Item