PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KUALITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007(Mata Pelajaran Akuntansi)

MIFTAH, ACHMAD SIROJUL (2007) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KUALITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007(Mata Pelajaran Akuntansi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
New_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
NEW_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
New_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV_&_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Pernyataan)
PERNYATAAN.pdf

Download (114kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang maksimalnya prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yaitu dengan rata-rata prestasi belajar akuntansi adalah 63,59. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh X1 (motivasi belajar siswa) dengan Y (prestasi belajar siswa), X2 (kualitas guru dalam mengajar) dengan Y (prestasi belajar siswa) dan X1 (motivasi belajar siswa), X2 (kualitas guru dalam mengajar) dengan Y (prestasi belajar siswa). Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 200 siswa yang terdiri dari 5 kelas dan sampel penelitian ini sebanyak 60% dari populasi yaitu 110 siswa. Teknik samplingn yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan metode angket. Uji analisis dengan menggunkan persamaan regresi berganda yaitu digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, uji t digunakan untuk mengukur pengaruh yang dihasilkan secara individual X1 dengan Y, X2 dengan Y dan uji F digunakan untuk mengukur pengaruh secara bersama-sama X1 dan X2 dengan Y, kemudian dicari sumbangan efektif dan relatif. Hasil pengujian dari hipotesis pertama dengan uji t menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar siswa (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) yaitu thitung > ttabel = 2,989 > 1,960. Hal ini berarti bahwa hipotesis pertama terbukti kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis kedua dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas guru dalam mengajar (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) yaitu thitung > ttabel = 2,333 > 1,960. Hal ini berarti bahwa hipotesis kedua terbukti kebenarannya. Hasil pengujian pada hipotesis ketiga dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa (X1) dan kualitas guru dalam mengajar (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y) yaitu Fhitung > Ftabel = 11,105 > 3,07. Hal ini berarti hipotesis ketiga terbukti kebenarannya. Dalam penelitian ini juga ditemukan sumbangan relatif motivasi terhadap prestasi sebesar 59% dan sumbangan relatif kualitas guru dalam mengajar sebesar 41% dan sumbangan efektif motivasi belajar siswa sebesar 10,14% dan kualitas guru dalam mengajar sebesar 7,05%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2011 09:44
Last Modified: 16 Feb 2011 09:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10404

Actions (login required)

View Item View Item