Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Pisa Siswa Smp Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta Tahun 2018/2019

safiarti, harfia and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2022) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Pisa Siswa Smp Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta Tahun 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (28MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (30MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf

Download (343kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf

Download (766kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA ditinjau dari gender, dan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA berdasarkan indikator penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (mix method). Subjek penelitian ini kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif dengan uji-T (Independent sample test) dan data kualitatif dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji-T, maka diperoleh thitung yaitu -2,22442 dan ttabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu 2,093. Karena thitung < ttabel maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan penalaran matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA. Dengan melihat rata-rata nilai menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa perempuan lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa laki-laki yaitu 87,5 > 51 , Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki. Dan untuk mengajukan dugaan, siswa yang berkemampuan tinggi sudah memenuhi indikator, siswa berkemampuan sedang kurang memenuhi indikator, dan siswa berkemampuan rendah belum memenuhi indikator. Untuk melakukan manipulasi matematika, siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang sudah memenuhi indikator, sedangkan siswa berkemampuan rendah belum memenuhi indikator. Untuk menarik kesimpulan didapat bahwa siswa yang berkemampuan tinggi sudah memenuhi indikator, siswa berkemampuan sedang dan rendah masih belum memenuhi indikator. Untuk memeriksa kesahihan suatu argumen siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang sudah memenuhi indikator, sedangkan siswa berkemampuan rendah belum memenuhi indikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis kemampuan, Penalaran matematis, Soal matematika PISA
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HARFIA SAFIARTI
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:55
Last Modified: 08 Aug 2022 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102813

Actions (login required)

View Item View Item