Analisis Perilaku Disruptive Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar(Studi Kasus padaSiswa Sekolah Dasar Negeri Gemolong 2 Sragen Tahun 2021/2022)

Lestari, Amin and -, Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and -, Dr. Anatri Desstya, S.T., M.Pd. (2022) Analisis Perilaku Disruptive Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar(Studi Kasus padaSiswa Sekolah Dasar Negeri Gemolong 2 Sragen Tahun 2021/2022). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Bab I)
BAB 1 NEW.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3 NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4 NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB 5 NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (349kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN NEW 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II)
BAB 2 NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (567kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: bentuk-bentuk perilaku disruptive, faktor penyebab perilaku disruptive, strategi guru mengatasi perilaku disruptive, dan respon siswa terhadap strategi guru dalam mengatasi perilaku disruptive. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan terdiri: siswa dan guru di SDN Gemolong 2 Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan empat bentuk analisis dan penafsiran data dalam riset studi kasus meliputi: pengelompokan ketegorikal, penafsiran langsung, pola, dan generalisasi naturalistik . Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk perilaku disruptive pada peserta didik kelas tinggi sangatlah beragam, yaitu; perilaku yang mengganggu proses pembelajaran, perilaku yang mengganggu hak siswa lain dalam belajar. Dalam hal ini peserta didik yang berperilaku disruptive mengekspresikan agresifnya kepada temannya, mengeluarkan kata tidak sopan, menyakitkan hati orang lain, tidak memperhatikan penjelasan guru, dan membuat keributan saat pembelajaran. Faktor penyebabnya yaitu kurangnya motivasi dari guru, guru bersikap negatif terhadap peserta didik, pola asuh orangtua yang tidak konsisten, kurangnya kepedulian orangtua terhadap anak, orangtua yang terlalu protective, dan kualitas pengajaran yang buruk. Strategi guru dalam mengatasi perilaku disruptive menggunakan tiga pendekatan behavioristik, yaitu pemberian pujian kepada peserta didik yang berperilaku baik, memberikan peringatan secara langsung, menerapkan strategi peragaan. Pendekatan kognitif, yaitu dengan menceritakan pengalamannya tentang perilaku mengganggu pada peserta didik. Pendekatan humanistik, yaitu dengan memahami masalah yang dialami oleh peserta didik yang bersangkutan. Respon peserta didik terhadap upaya guru dalam mengatasi perilaku disruptive, yaitu peserta didik memperhatikan penjelasan guru, mau merubah perilakunya dari suasana kelas yang ramai menjadi tenang, dan peserta didik mau mengikuti anjuran dari bapak/ibu gurunya. Kata Kunci : bentuk disruptive, faktor penyebab disruptive, strategi guru mengatasi perilaku disruptive, dan respon siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: bentuk disruptive, faktor penyebab disruptive, strategi guru mengatasi perilaku disruptive, dan respon siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LP Philosophy Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: AMIN LESTARI
Date Deposited: 13 Aug 2022 05:03
Last Modified: 13 Aug 2022 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102482

Actions (login required)

View Item View Item