MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA

PAMUNGKAS, YANWAR (2010) MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI DUKUNGAN ORANGTUA PADA SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100020082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img]
Preview
PDF
F100020082.pdf

Download (63kB)

Abstract

Keberhasilan pendidikan khususnya pendidikan formal dapat dilihat dari pencapaian prestasi yang diperoleh. Hasil prestasi yang optimal tidak terlepas dari motivasi belajar individu. Oleh karena itu diharapkan individu mempunyai motivasi belajar yang tinggi untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, diantaranya yaitu dukungan orangtua. Dukungan orang tua dalam proses belajar anak yang diwujudkan dengan memberikan fasilitas belajar yang meliputi sarana dan prasarana secara memadai akan mempengaruhi motivasi belajar anaknya.. Pemberian fasilitas yang memadai akan memudahkan pencapaian tujuan yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar. Subjek penelitian siswa-siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan kelas XIB dan kelas XID berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan orangtua dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment dari Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,646, p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar. Semakin tinggi dukungan orangtua maka semakin tinggi motivasi belajar. Sebaliknya semakin rendah dukungan orangtua maka semakin rendah pula motivasi belajar. Sumbangan efektif dukungan orangtua terhadap motivasi belajar sebesar 41,7% ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,417. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel dukungan orangtua pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 89,088 dan rerata hipotetik (RH) = 97,5. Motivasi belajar pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 77,763 dan rerata hipotetik (RH) = 80. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar, dengan demikian semakin tinggi dukungan orangtua maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR, DUKUNGAN ORANGTUA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Jan 2011 09:46
Last Modified: 20 Jan 2011 09:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9928

Actions (login required)

View Item View Item