Hidayah , Ninik Nur (2010) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA BERNOMOR DI TK AISYAH CABANG BLIMBING POLOKARTO SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A520085105.pdf Download (90kB) |
|
PDF
A520085105.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Kereta Bernomor terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok control. Subyek penelitian diambil pada anak pada kelompok B1 yang berjumlah 22 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B2 yang berjumlah 22 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi terhadap indikator kemampuan berhitung anak. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data dan uji t. Deskripsi data digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman kemampuan berhitung anak dan uji t untuk mengetahui hipotesis. Dari hasil deskripsi data diketahui bahwa tingkat pemahaman kemampuan berhitung anak pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol termasuk kategori sedang. Dari hasil analisis data pada α = 5 % diperoleh ttabel = 1,682 dan thitung = 2,5 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berhitung anak yang diberi permainan kereta bernomor lebih baik dari pada kemampuan berhitung anak yang diberi metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan permainan kereta bernomor berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung, kereta bernomor |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 18 Jan 2011 09:55 |
Last Modified: | 11 Jun 2012 04:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9858 |
Actions (login required)
View Item |