MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK KELOMPOK A DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK PERTIWI KEPANJEN DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

WARDANI , IKA DEWI KUSUMA (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK KELOMPOK A DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI TK PERTIWI KEPANJEN DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520080104.pdf

Download (324kB)
[img] PDF
A520080104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media gambar terhadap peningkatan kemampuan membaca Anak TK Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok A di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, tes lisan maupun tertulis, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca pada anak kelompok A dengan mengunakan media gambar, yakni sebelum tindakan 30,76 %, siklus 1 mencapai 57,69%, dan siklus II mencapai 76,92%. Pembelajaran dengan mengunakan media gambar ini juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan kemampuan membaca anak kelompok A karena dapat meminimalkan permasalahan yang dihadapi saat pembelajaran . Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak TK kelompok A.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2011 09:59
Last Modified: 11 Jun 2012 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9792

Actions (login required)

View Item View Item