MURTI, RIKA AWARA (2010) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 JATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410010176.pdf Download (114kB) |
|
PDF
A410010176.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa dengan metode quantum teaching dan quantum learning. Subyek penelitian ini adalah guru matematika atau guru kelas VII B dan peneliti yang bertindak sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri ; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini meliputi : (1) keaktifan siswa bertanya pada guru, pada putaran I sebesar 39,02 % pada putaran II sebesar 56,09 % dan pada putaran III mencapai 90,24 %. (2) keaktifan siswa mengerjakan soal didepan kelas, pada putaran I sebesar 26,82 % pada putaran II 43,34 % dan pada putaran III mencapai 82,93 %. (3) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, pada putaran I sebesar 36,58 % pada putaran II sebesar 53,66 % dan pada putaran III sebesar 80,48 %.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Teaching dan Quantum Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, quantum teaching dan quantum learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 11 Jan 2011 09:05 |
Last Modified: | 08 Jun 2012 11:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9767 |
Actions (login required)
View Item |