PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2007

Rahman,, Pramuseto (2008) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi semester IV FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan tahun 2005 yang keseluruhannya berjumlah 180 mahasiswa dan sampel penelitian ini adalah 123 mahasiswa. Tehnik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling dengan mengambil sampel pada mahasiswa yang dijumpai. Metode pokok yang digunakan adalah angket sedangkan metode bantu yang digunakan adalah metode dokumentansi. Pengujian hipotesis ini menggunakan regresi menggunakan berganda, Uji t dan F. Hasil analisis data dengan persamaan regresi linier berganda Y = -0,507 + 0,026X1 + 0,019X2. Hal tersebut menyatakan bahwa pengujian hipotesis 1 ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta, dengan nilai thitung > ttabel, karena 4,050 > 1,658. Pengujian hipotesis 2 ada pengaruh positif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta, dengan nilai thitung > ttabel, karena 3,249 > 1,658. Pengujian hipotesis 3 ada pengaruh positif motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta didukung oleh nilsi uji F dengan hasil Fhitung = 13,990. Dimana Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 13,990 > 3,0. Sedangkan koefisien Determinasi R2 = 18,9 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa perubahan variabel depeden atau kepuasan konsumen dapat dijeleskan oleh perubahan variabel independen yaitu motivasi belajar dan fasilitas belajar, sisanya 81,1 % dipengaruhi variabel lain dari luar model regresi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, fasilitas belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jul 2008 06:36
Last Modified: 31 Jan 2011 04:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item