HARYANTO, HARYANTO (2010) PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 MRANGGEN DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100080131.pdf Download (79kB) |
|
PDF
Q100080131.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fokus Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Memperoleh gambaran mengenai karakteristik perencanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak. (2) Memperoleh gambaran mengenai karakteristik pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak (3) memperoleh gambaran mengenai karakteristik umpan balik supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Mranggen Demak. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru SD Negeri 2 Mranggen Demak.Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Karakteristik perencanaan supervisi oleh kepala sekolah di SDN 2 Mranggen Demak berupa pembuatan format supervisi pembelajaran secara sistematis sekaligus nantinya sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban, perencanaan supervisi tersebut berupa penentuan jadwal supervisi yang disesuaikan dengan kalender akademik.dimana dalam beberapa hal melibatkan guru dalam pelaksanaannya. Dalam perencanaan tersebut sarana yang nantinya digunakan untuk pelaksanaan supervisi pembelajaran berupa buku supervisi dan daftar hadir guru mapel. Tujuan dari perencanaan supervisi tersebut adalah untuk memberikan layanan dan bantuan kepada guru-guru untuk dapat mengembangkan situasi pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. (2) Karakteristik pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak. dilakukan dengan cara observasi dan kemudian berkomunikasi dengan guru yang bersangkutan sesuai jadwal/rencana program supervisi pembelajaran yang telah dikomunikasikan kepada guru-guru yang bersangkutan terlebih dahulu, walaupun terkadang dilakukan secara mendadak.Metode atau teknik yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran berfariasi sesuai dengan karakteristik guru dengan pendekatan direktif atau non direktif. Pelaksanaan ini pada akhirnya membentuk pola hubungan kerja sama antara kepala sekolah dengan guru (3) Karakteristik umpan balik supervisi pembelajaran di SD Negeri 2 Mranggen Demak.yang dilakukan oleh kepala sekolah bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran, tetapi kadang–kadang umpan balik yang dilakukan oleh kepala sekolah hanya bersifat informasi saja. Tindak lanjut atau umpan balik dari hasil supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah berupa pengiriman penataran-penataran untuk beberapa guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, supervisi, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Jan 2011 03:54 |
Last Modified: | 07 Jan 2011 06:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9674 |
Actions (login required)
View Item |