TRIYANTO, DAMIS (2010) KONTRIBUSI PENDIDIKAN ORANG TUA, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100080127.pdf Download (74kB) |
|
PDF
Q100080127.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis dan menguji kontribusi pendidikan orang tua, media pembelajaran dan iklim sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak 2) menganalisis dan menguji kontribusi pendidikan orang tua terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak, 3) menganalisis dan menguji kontribusi media pembelajaran terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak, 4) menganalisis dan menguji kontribusi Iklim sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Demak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi adalah siswa SMA Negeri 2 Demak yang berjumlah 1.003 orang. Sampel diambil 278 siswa, dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pernyataan dalam bentuk angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 15.00. Temuan penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi yang signifikan antara pendidikan orang tua, media pembelajaran, dan iklim sekolah terhadap minat belajar siswa secara simultan hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji F sebesar 181,176 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R2 adalah 0,655 (65,5%), 2) terdapat kontribusi yang signifikan pendidikan orang tua terhadap minat belajar siswa dengan nilai t hitung sebesar 2,343, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,020 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 11,3 %, 3) terdapat kontribusi signifikan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa dengan nilai t hitung sebesar 3,111, hal ini ditunjukkan juga dengan perolehan nilai probabilitas sebesar 0,002 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 17,7%, dan 4) terdapat kontribusi yang signifikan iklim sekolah terhadap minat belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai t hitung sebesar 8,164 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dengan besarnya sumbangan efektif 37,5% ,
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, pendidikan orang tua, media pembelajaran dan iklim sekolah |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Jan 2011 03:26 |
Last Modified: | 07 Jan 2011 06:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9671 |
Actions (login required)
View Item |