DAMPAK KOMPETENSI PEDAGOGIK, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU SMK KABUPATEN BLORA

JANUANI, JANUANI (2010) DAMPAK KOMPETENSI PEDAGOGIK, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU SMK KABUPATEN BLORA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100080017.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
Q100080017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji dampak kompetensi pedagogik, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora, (2) untuk menganalisis dampak kompetensi pedagogik terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora, (3) untuk menganalisis dampak tingkat pendidikan terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora, (4) Untuk menganalisis dampak pengalaman kerja terhadap semangat kerja guru SMK se Kabupaten Blora. Tempat penelitian adalah SMK Kabupaten Blora. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Kabupaten Blora yang berjumlah 334 guru. Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 167 guru dengan berdasarkan pada tabel Nomogram. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji otokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji mltikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Kompetensi pedagogik, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja berdampak positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap semangat kerja guru di SMK Kabupaten Blora yang p sebesar 0,000 dan nilai R2 sebesar 0,454. (2) Kompetensi pedagogik berdampak positif dan signifikan terhadap semangat kerja guru di SMK Kabupaten Blora, dengan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. Besarnya sumbangan efektif variabel kompetensi pedagogik adalah 26,13%. Kompetensi pedagogik merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi semangat kerja guru di SMK Kabupaten Blora. (3) Tingkat Pendidikan berdampak positif dan signifikan terhadap semangat kerja guru di SMK Kabupaten Blora dengan nilai sig sebesar 0,029 yang berarti < 0,05. Besarnya sumbangan efektif variabel tingkat pendidikan adalah 4,30%. (4) Pengalaman kerja berdampak positif dan signifikan terhadap semangat kerja guru di SMK Kabupaten Blora dengan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. Besarnya sumbangan efektif variabel pengalaman kerja adalah 14,96%

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan semangat kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jan 2011 03:23
Last Modified: 06 Jan 2011 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9626

Actions (login required)

View Item View Item