DAMPAK KOMUNIKASI INFORMAL, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN MASA KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN SEKOLAH SMP SE KABUPATEN BLORA

NURPRASETYO, BUDI (2010) DAMPAK KOMUNIKASI INFORMAL, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN MASA KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN SEKOLAH SMP SE KABUPATEN BLORA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100080007.pdf

Download (259kB)
[img] PDF
Q100080007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji (1) dampak komunikasi informal, tingkat pendidikan, dan masa kerja kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah di SMP Negeri se Kabupaten Blora, (2) dampak komunikasi informal terhadap keberhasilan sekolah di SMP Negeri se Kabupaten Blora, (3) dampak tingkat pendidikan kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah di SMP Negeri se Kabupaten Blora, (4) dampak masa kerja kepala sekolah terhadap keberhasilan sekolah di SMP Negeri se Kabupaten Blora. Penelitian dilakukan di SMP se Kabupaten Blora. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 108 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 78 orang untuk analisis data, tapi kuesioner yang kembali sebanyak 65 dan 30 orang untuk uji coba validitas dan reliabiltias. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Variabel komunikasi informal, tingkat pendidikan, dan masa kerja kepala sekolah berdampak terhadap keberhasilan sekolah SMP Se Kabupaten Blora yang dibuktikan dengan besarnya nilai F hitung 30,001 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05; (2) Variabel komunikasi informal berdampak terhadap terhadap keberhasilan sekolah SMP Se Kabupaten Blora, yang dibuktikan dengan besarnya nilai t hitung (3,555) dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dengan demikian semakin baik komunikasi informal yang ada di SMP Se Kabupaten Blora, maka semakin tinggi keberhasilan sekolah; (3) Variabel tingkat pendidikan mempunyai dampak terhadap keberhasilan sekolah, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (2,139) dengan nilai signifikan sebesar 0,036 < 0,05, dengan demikian semakin tinggi tingkat pendidikan kepala sekolah, maka semakin tinggi keberhasilan sekolah; (4) Variabel masa kerja kepala sekolah mempunyai dampak terhadap keberhasilan sekolah, yang dibuktikan dengan nilai t hitung (2,385) dengan nilai signifikan sebesar 0,020 < 0,05, dengan demikian semakin tinggi masa kerja kepala sekolah, maka semakin tinggi keberhasilan sekolah;

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: komunikasi informal, tingkat pendidikan, masa kerja kepala sekolah, dan keberhasilan sekolah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jan 2011 09:00
Last Modified: 05 Jan 2011 09:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9612

Actions (login required)

View Item View Item