SULISTIYOWATI , ERNA DWI (2010) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR – DASAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A210060038.pdf Download (80kB) |
|
PDF
A210060038.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar dasar-dasar akuntansi. 2) ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dasar-dasar akuntansi. 3) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dasar-dasar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA AL-ISLAM 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di AL-ISLAM 3 Surakarta yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kemampuan awal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dasar-dasar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Al Islam 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,038 > 2,017 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dasar-dasar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Al Islam 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,802 > 2,017 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kemampuan awal dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dasar-dasar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Al Islam 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 16,702 > 3,214 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kemampuan awal memberikan sumbangan efektif 23,1%. Variabel kemandirian belajar memberikan sumbangan efektif 20,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kemampuan awal memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dasar-dasar akuntansi dibandingkan variabel kemandirian belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan awal, kemandirian belajar dan prestasi belajar dasar-dasar akuntansi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 04 Jan 2011 09:53 |
Last Modified: | 04 Jan 2011 09:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9582 |
Actions (login required)
View Item |