Dwi, Emilda and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2020) Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Efektifitasbelajar Siswa Kelas X Di SMK Harapan Kartasura Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Lampiran)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (328kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
H. DEPAN.pdf Download (488kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berupa video interaktif berbasis videoscribe powtoon yang layak untuk mata pelajaran kewirausahaan di SMK Harapan Kartasura.Jenis penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model desian instruksional ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data kualitatif berupa komentar, saran dari para ahli dan kuantitatif berupa angket kuesioner yang diserahkan oleh siswa untuk mengetahui kelayakkan penggunaan media pembelajaran berbasisPowtooon. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran berupa video pembelajaran interaktif yang berisikan materi kewirausahaan dan juga soal-soal evaluasi. Hasil penilaian tingkat kelayakan ahli media sebesar 4,2 masuk dalam kategori layak, ahli materi sebesar 4,3 masuk dalam kategori sangat layak,penilaian subjek uji coba produk sebesar 4 masuk dalam kategori layak, dan dari subjek uji eksperimen adalah sebesar 4,2 masuk dalam kategori layak. Ketercapaian KKM sebelum panelitian sebesar 33,33% sedangkan setelah penelitian sebesar 87,50%.Ditinjau dari rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang semula 76,00% setelah penelitian mengalami peningkatan menjadi 86,00%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelejaran powtooon, kewirausahaan, kelayakan media pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | EMILDA DWI SETYANTO |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 04:37 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 07:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/94254 |
Actions (login required)
View Item |