PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING

ROKMANA, ATTIN SETYANINGSIH (2010) PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100060104.pdf

Download (90kB)
[img] PDF
F100060104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas seseorang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku menyimpang seseorang terutama pada seusia remaja SMA. Lingkungan menjadi faktor utama untuk mengembangkannya yakni adanya faktor lingkungan yang berbeda antara siswa boarding dan siswa non boarding bisa menimbulkan dampak yang berbeda pula dalam hal kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas siswa. Siswa boarding maupun siswa non boarding yang memiliki kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas yang baik dan seimbang bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah ada perbedaan rerata kompetensi hubungan interpersonal antara siswa boarding dengan siswa non boarding, 2) apakah ada perbedaan rerata religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding. Hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah ada perbedaan rerata kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa boarding dan siswa non boarding. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa boarding yang berjumlah 30 siswa dan siswa non boarding yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive cluster non random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kompetensi hubungan interpersonal dan skala religiusitas. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 15.00 dengan analisis anava 1-jalur. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan siswa boarding pada variabel kompetensi hubungan interpersonal diperoleh mean 95,20 dan siswa non boarding diperoleh mean 106,97 dengan F sebesar 21,449 pada taraf signifikansi 0,000 (p ≤ 0,01) sedangkan pada variabel religiusitas siswa boarding diperoleh mean 155,63 dan siswa non boarding diperoleh mean 144,47 dengan F sebesar 14,425 pada taraf signifikansi 0,000 (p ≤ 0,01). Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa ada perbedaan rerata yang sangat signifikan kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding. Hasil rerata empirik (RE) variabel kompetensi hubungan interpersonal pada siswa boarding sebesar 95,20 dan siswa non boarding sebesar 106,97 dengan rerata hipotetik (RH) sebesar 90. Artinya kompetensi hubungan interpersonal pada siswa boarding tergolong sedang sedangkan siswa non boarding tergolong tinggi. Dan hasil rerata empirik (RE) variabel religiusitas pada siswa boarding sebesar 155,63 dan siswa non boarding sebesar 144,47 dengan rerata hipotetik (RH) = 112,5. Artinya religiusitas pada siswa boarding tergolong sangat tinggi sedangkan siswa non boarding tergolong tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah ada perbedaan rerata yang sangat signifikan kompetensi hubungan interpersonal antara siswa boarding dengan siswa non boarding dan ada perbedaan rerata yang sangat signifikan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi hubungan interpersonal, religiusitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Dec 2010 04:30
Last Modified: 15 Dec 2010 11:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item