PRPOPOSAL PKM-KSEDOTAN PENINGGALAN: INOVASI SEDOTAN ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN

Syach, Arif Farhan and Maulana, Alvin and Akmilia, Zuyyina Firdausi (2021) PRPOPOSAL PKM-KSEDOTAN PENINGGALAN: INOVASI SEDOTAN ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN. Kabag Mawa, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (PRPOPOSAL PKM-KSEDOTAN)
D600170013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk yang tidak terkendali mengakibatkan kebutuhan jumlah pangan pun semakin besar. Ketimpangan antara hasil produksi pangan dan jumlah permintaan mengakibatkan pelaksanaan ketahanan pangan di Indonesia dipenuhi dengan impor pangan dari negara lain. Permasalahan pemenuhan ketahanan pangan diperburuk dengan penurunan kondisi perhutanan di Indonesia. Wilayah hutan yang semakin langka setiap tahun disebabkan oleh kurangnya kesadaran dari masyarakat terhadap peranan penting hutan bagi kehidupan. Disisi lain kesadaran masyarakat terhadap dampak buruk yang ditimbulkan oleh sampah sedotan plastik mulai meningkat, dengan munculnya kampanye #NoStrawMovement dan juga penggunaan sedotan stainless stel sebagai pengganti sedotan plastik. Oleh karena itu, produk “SEDOTAN PENINGGALAN” diciptakan sebagai alternatif sedotan organik dengan 3 fungsi tambahan, disamping fungsi utamanya yang digunakan sebagai alat bantu minum. Pembuatan produk terinspirasi dari pensil dengan merek “Sprout”, yaitu suatu pensil yang bisa ditanam karena mengandung benih tumbuhan. Pembuatan produk memiliki 3 tujuan utama disamping fungsi utamanya sebagai alat bantu minum, yaitu untuk membantu meningkatkan ketahanan pangan, membantu program penghijauan, dan mengurangi sampah sedotan plastik. Target pasar dari produk “SEDOTAN PENINGGALAN”, yakni target secara personal dan target pelaku usaha lain. Target secara personal adalah para remaja, khususnya remaja pecinta lingkungan dengan rentang umur 15-20 tahun, sedangkan target pelaku usaha lain meliputi perusahaan makanan atau restoran-restoran yang menggunakan peralatan organik. Promosi dilakukan melalui dua cara, yaitu secara langsung seperti menggelar stan di pameran dan secara tidak langsung melalui media sosial seperti paid promote dan menjual produk lewat situs jual beli online. Selain itu, pada proses promosi diterapkan proses edukasi kepada masyakarat.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Sedotan Plastik, Ketahanan Pangan, Benih
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Unit > Kemahasiswaan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 06 Aug 2021 03:36
Last Modified: 06 Aug 2021 03:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/92772

Actions (login required)

View Item View Item