HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MINAT BERKONSULTASI SISWA

SAPTANTI, YULI (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MINAT BERKONSULTASI SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040146.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
F100040146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)

Abstract

Minat berkonsultasi yaitu kecenderungan yang muncul dalam diri yang mendorong siswa mengunjungi, layanan bimbingan konseling untuk melakukan pembicaraan tentang kasus yang dihadapi dengan tujuan mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan yang menimbulkan hambatan atau mengurangi keberhasilan program pendidikan. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui; hubungan persepsi terhadap bimbingan konseling dengan minat berkonsultas siswa.; tingkat atau kondisi minat berkonsultasi siswa dan persepsi terhadap bimbingan dan konseling dengan minat berkonsultasi siswa. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara persepsi terhadap bimbingan dan konseling dengan minat berkonsultasi siswa. Subjek penelitian ini adalah 80 siswa-siswi kelas X dan kelas XII IPS 2 SMA AL Islam Jamsaren Surakarta. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan cluster random sample. Pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap bimbingan dan konseling dan skala minat berkonsultasi siswa.Teknik Analisis Data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,466;p = 0,000 (p < 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap layanan bimbingan dan konseling dengan minat berkonsultasi siswa. Sumbangan efektif variabel persepsi terhadap layanan bimbingan dan konseling terhadap minat berkonsultasi siswa sebesar 21,7%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui persepsi terhadap layanan bimbingan dan konseling tergolong sedang, ditunjukkan dari hasil deskripsi kategorisasi dengan rerata empirik = 99,515 lebih besar dari rerata hipotetik=97,5. 3. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui minat berkonsultasi siswa tergolong tinggi, hal ini ditunjukkan oleh rerata empirik = 86,988 lebih besar dari rerata hipotetik = 70. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap layanan bimbingan dan konseling dengan minat berkonsultasi siswa. Namun generalisasi dari hasil-hasil penelitian ini terbatas pada populasi dimana penelitian dilakukan sehingga penerapan pada ruang lingkup yang lebih luas dengan karakteristik yang berbeda kiranya perlu dilakukan penelitian lagi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SMA AL Islam Jamsaren Surakarta, Minat Berkonsultasi, persepsi terhadap bimbingan konseling.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2010 07:55
Last Modified: 10 Dec 2010 11:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9261

Actions (login required)

View Item View Item