PERAN CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG AIDS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 SURAKARTA

WIDODO, SLAMET (2010) PERAN CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG AIDS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J500060039.pdf

Download (113kB)
[img] PDF
J500060039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Slamet Widodo, J500060039, 2010, Peran Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang AIDS Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Surakarta. Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) merupakan suatu syndrome/ kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh Retrovirus yang menyerang sistem kekebalan atau pertahanan tubuh, hingga saat ini Penyakit AIDS telah menjadi masalah internasional termasuk di Indonesia. Berbagai upaya penanggulangan telah dilakukan, diantaranya adalah penyuluhan dalam bentuk ceramah terhadap siswa SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui adakah pengaruh sebelum dan sesudah dilakukan ceramah terhadap tingkat pengetahuan AIDS pada siswa kelas XIdi SMKNegeri 4 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan rancangan one group pre end post test design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 4 Surakarta dengan jumlah sampel 30 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Data yang dipakai adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat meliputi karakterisik responden. Analisis bivariat menggunakan uji paired sample t test untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah ceramah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetauan antara sebelum dan sesudah dilakukan ceramah. Pengetahuan siswa sebelum dilakukan ceramah adalah cukup, sesudah dilakukan ceramah terjadi peningkatan pengetahuan yang bermakna menjadi baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perbandingan rata-rata nilai dan hasil statistik pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan ceramah yang menunjukan peningkatan signifikan. Berdasarkan hasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuantentang AIDS sebelum dan sesudah dilakukan ceramah sehingga metode ceramah tersebut memberikan peran secara signifikan terhadap peningkatan pengetahuan siswa SMK Negeri 4 Surakarta tentang AIDS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ceramah, Tingkat pengetahuan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 09 Dec 2010 08:30
Last Modified: 09 Dec 2010 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9222

Actions (login required)

View Item View Item