Metode E_Learning Pada Mata Pelajaran Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam(SMPI) Al Abidin Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021

Melfirosha, Balqis Nada and , Nurul Latifatul Inayati, S.Pd.I, M.Pd.I., (2021) Metode E_Learning Pada Mata Pelajaran Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam(SMPI) Al Abidin Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
1. Naskah Publikasi Revisian.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (396kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Tidak Publikasi)
Surat Pernyataan Tidak Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Krisis pendidikan terjadi di Indonesia pada tahun 2020. Krisis ini bermula dari menyebarnya virus corona yang menimbulkan banyak aktivitas pembelajaran mengalami perubahan. Salah satu sistem perubahan dalam pendidikan yakni system merdeka belajar dimana guru menentukan kelulusan siswa masing masing. WHO(World Health Organization)telah menghimbau untuk menghindari kerumunan dan Kementrian pendidikan dan kebudayaan menyarankan beralihnya system pembelajaran offline menjadi online. Maka,lembaga pendidikan mengalihkan pembelajaran offline menjadi online guna menghindari kerumunan dan interaksi. Dalam e-learning guru memerlukan metode pembelajaran aktif untuk melaksanakan pembelajaran. Walaupun tidak semua metode pembelajaran aktif bisa di terapkan tetapi,setidaknya guru tetap bisa bervariasi dalam mengajar dan memberikan dampak positif bagi peserta didik. Penelitian ini membahas macam macam metode e-learning, pelaksanaan metode e-learning dan kendala metode e-learning pada mata pelajaran agama Islam Tujuan penelitian ini yakni untuk mengidentifikasi metode e-learning, mendeskripsikan pelaksanaan metode e-learning dan mengidentifikasi kendala pelaksanaan rmetode e-learning. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari wakil kurikulum, guru pelajaran agama Islam, tiga peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumetasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti ialah model Miles dan Huberman untuk mencapai analisis. Adapun Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi. Dan untuk mendapatkan data yang kongkrit diperlukan keabsahan data dengan Trigulasi sumber dan Trigulasi metode. Adapun hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan ketiga peserta didik kelas VII jenjang SMP, satu wakil kurikulum dan satu guru pelajaran agama Islam dapat disimpulkan bahwa metode e-learning yang dipakai yakni metode diskusi, metode ceramah, metode video kritik dan metode penugasan. Pelaksaan metode diskusi tidak bisa langsung dimulai dengan sesi diskusi perlu memberikan penjelasan terlebih dahulu, metode ceramah dalam pelaksanaan perlu dibuat ppt/word untuk memperjelas materi, pelaksanaan metode video memerlukan proses panjang dan lama untuk guru membuat video, dan pelaksanaan metode penugasan yang bervariasi diantaranya peserta didik membaca al qur’an dan arti dikirim melalui video, menjawab soal, mencatat dll. Kendala metode diskusi tidak bisa dibuat kelompok, metode ceramah kebosanan siswa, metode video kritik waktu pembuatan, metode penugasan peserta didik merasa terbebani. Solusi untuk kendala pelaksanaan metode diskusi yakni guru bisa melaksanakan secara umum antara peserta didik dan pendidik, menyampaikan materi, memberikan banyak pertanyaan atau pernyataan. Solusi metode ceramah yakni guru membuat ppt, memperbanyak sumber, mempersingkat materi, penyegaran sebelum belajar, bekerjasama antara walas dan guru mata pelajaran dan bk/kesiswaan, menjalin kedekatan lebih antara guru dan siswa, wali kelas mengunjungi siswa, memprivat siswa secara pribadi. Solusi metode video yakni memberikan pr, membuat video hasil karya sendiri untuk mempermudah penjelasan, mempersingkat durasi video, memperbesar dan memperjelas suara dan resolusi video, mengasah kreatifitas pembuatan video. Solusi metode penugasan yakni dengan memberikan tugas yang bermacam macam dan berbeda beda setiap pertemuan seperti baca qur’an lewat video, menterjemahkan, mengisi soal, menulis dengan tangan, membuat kesimpulan agar pembelajaran menyenangkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode,e-learning,pendidikan agama islam (pai)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: BALQIS NADA' MELFIROSHA
Date Deposited: 12 Apr 2021 02:54
Last Modified: 12 Apr 2021 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/90411

Actions (login required)

View Item View Item