Praktik Jual Beli Motor Kredit Macet Dalam Perspektif Imam Mazhab Empat (Studi Kasus Laskar Islam Di Surakarta)

Fakhruddin, Muhammad and , Dr. Mu’inuddinillah Basri, MA and , Dr. Imron Rosyadi. M.Ag (2021) Praktik Jual Beli Motor Kredit Macet Dalam Perspektif Imam Mazhab Empat (Studi Kasus Laskar Islam Di Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

This is the latest version of this item.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASII123.pdf

Download (922kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Jual beli motor kredit macet adalah transaksi jual beli motor yang tidak dilengkapi surat Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) atau biasa diistilahkan dengan motor “STNK Only”, “Motor Pedotan” atau “Motor Bodong”. Praktik jual beli ini dilakukan oleh sebagian oknum dari laskar umat Islam di Surakarta dengan dalih memerangi sistem riba dan menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar, yaitu membela masyarakat (debitur) yang terdzalimi oleh perilaku debt collector yang sering bertindak di luar prosedur hukum. Sebagai bentuk respon perlawanan terhadap tindakan tersebut, beberapa oknum dari kalangan laskar membentuk gerakan anti riba yang bertujuan untuk menghancurkan sistem ribawi (sistem yang menerapkan adanya bunga atas pinjaman dan adanya denda bila terlambat pembayaran). Dalam konteks ini yang disasar adalah perusahaan finance atau leasing konvensional. Caranya, unit motor kredit yang dibeli melalui leasing sengaja dimacetkan angsuran kreditnya dan dijual kepada pihak lain tanpa sepengetahuan pihak leasing (kreditur). Tujuan dari penelitian ini menjelaskan praktik jual beli motor kredit macet di kota Surakarta dalam perspektif Imam Empat Mazhab. Penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif dengan pendekatan sosiologis, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yaitu mereduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa praktik jual beli motor kredit macet di Surakarta dalam perpespektif mazhab empat telah menyalahi beberapa ketetapan hukum Islam. Pertama; proses jual beli motor kredit macet sebenarnya adalah proses jual beli terhadap barang milik orang lain. Para ulama mengistilahkannya dengan bai’u fudhuli, yaitu jugal beli yang dilakukan terhadap barang milik orang lain tanpa sepengetahuan atau izin dari pemilik barang. Jual beli seperti ini menurut Imam Mazhab Hanafi dan Maliki masih bisa dipandang sah bila setelah akad tersebut ada persetujuan pemilik barang. Sedangkan dalam Mazhab Syafi’i dan Hanbali, ditegaskan bahwa akad jual beli tersebut adalah haram karena tidak memilik izin atau hak wewenang dari pemilik barang. Selain itu, praktik jual beli motor kredit macet di Surakarta juga memiliki unsur yang dapat mencederai akad tranksaki, yaitu adanya I’tikat tidak baik dari debitur untuk melakukan ingkar janji (wanprestasi). dan hal tersebut jelas bertentangan dengan hukum Islam yang telah disepakati oleh seluruh ulama mazhab empat.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kredit macet, Leasing, laskar dan Mazhab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMMAD FACHRUDDIN
Date Deposited: 03 Apr 2021 04:14
Last Modified: 03 Apr 2021 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/90344

Available Versions of this Item

  • Praktik Jual Beli Motor Kredit Macet Dalam Perspektif Imam Mazhab Empat (Studi Kasus Laskar Islam Di Surakarta). (deposited 03 Apr 2021 04:14) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item