FUNGSI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT UNTUK BAHASA ARAB PEMULA DI KELAS SATU SDIT AR-RISALAH SURAKARTA

Aproni , Aproni (2008) FUNGSI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT UNTUK BAHASA ARAB PEMULA DI KELAS SATU SDIT AR-RISALAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000040089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF
G000040089.pdf

Download (9kB)

Abstract

Proses belajar mengajar ditinjau dari ruang lingkupnya terdiri dari beberapa komponen, yaitu tujuan, bahan pelajaran, kegiantan belajar mengajar, metode dan alat serta sumber evaluasi. Keenam komponen tersebut harus saling berkait satu sama lain untuk mencapai keberhasilan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak terlepas dari peran media di dalamnya, sebab alat atau media pendidikan adalah suatu bagian integral dari proses pandidikan di sekolah, begitu juga dengan bidang studi bahasa arab, seorang guru bahasa arab yang profesional dituntut untuk menguasai penggunaan media yang efektif dan efesien dalam proses belajar mengajarnya supaya tercapai tujuan yang telah ditentukan. Oleh karena itu penulis berusaha meneliti tentang fungsi media gambar dalam pembelajaran mufrodat untuk bahasa arab pemula, dimana dalam hal ini yang menjadi objek penelitian adalah siswa-siswi kalas satu SDIT Ar-Risalalah Surakarta. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan-permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran bahasa arab (mufrodat) di kelas satu SDIT Ar-Risalah Surakarta ? bagaiman fungsi media gambar dalam penguasaan mufrodat di kelas satu SDIT Ar-Risalah ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab ( mufrodat) di kelas satu SDIT Ar-Risalah Surakarta dan untuk mengetahui bagamana fungsi media gambar dalam membantu penguasaan mufrodat di kelas satu SDIT Ar-Risalah, melalui pendekatan psikologis. Dari tujuan tersebut, diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru bahasa arab dalam menentukan kebijaksanaan peningkatan keberhasilan pembelajaran bahasa arab serta sebagai sumbangan pemikiran bagi guru bahasa arab dalam upaya meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran khususnya dalam memilih media yang tepat untuk mempermudah penguasaan mufrodat di SDIT Ar-Risalah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan metode penentuan subyek yang digunakan adalah metode populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi, dimana dalam menganalisa data menggunakan metode induktif, deduktif serta deskriptif. Dalam penelitian ini diketahui bahwa dalam proses pembelajaranya, satu mufrodat digunakan satu gambar, maksudnya apabila guru hendak menjelaskan arti mufrodat dapat dilakukan dengan menunjukan satu gambar yang menarik, akan tetapi harus disesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan. Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan didapatkan bahwa media gambar sangat membantu tercapainya tujuan pembelajaran bahasa arab. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan penulis, yang mana hasil rata-ratanya cukup memuaskan, juga kemampuan siswa dalam menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar kelas dengan menggunakan bahasa arab dan dapat menyebutkan beberapa anggota tubuh, nama buah, alat tranportasi serta hewan dengan menggunakan bahasa arab. Kemampuan penguasaan bahasa arab (mufrodat) bagi anak didik cukup baik terbukti dengan kemampuan mereka menghafal mufrodat/kosakata walau dalam bentuk yang sederhana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa arab , media gambar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 12 Nov 2010 03:20
Last Modified: 14 Nov 2010 12:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8940

Actions (login required)

View Item View Item