PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Firdaus , Miftahul (2008) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050078.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tiap orang. Setiap orang tentu menginginkan perubahan pada dirinya seiring pertumbuhan fisik dan perkembangan zaman, yang tentunya perubahan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan salah satu cara agar dapat tercapainya keinginan tersebut adalah dengan Pendidikan Agama Islam sejak dini. Mengingat akan pentingnya Pendidikan Islam dan minimnya pengetahuan tentang Pendidikan Islam, maka SDN 2 Donohudan mempunyai salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mana kegiatan ini dapat membantu para siswa untuk lebih memahami tentang Islam, diluar materi PAI yang telah tercantum di GBPP. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis melakukan penelitian yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran keislaman yang diadakan di SDN 2 Donohudan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran BTA. Adapun mengenai tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran Baca Tulis Al -Qur’an (BTA) di SDN 2 Donohudan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang d igunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif untuk menghasilkan data diskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran BTA di SDN 2 Donohudan Boyolali. Dalam proses penelitian ini, analisis yang digunakan adalah menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data-data yang terkumpul, penulis bisa menyimpulkan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al -Qur’an di SDN 2 Donohudan Boyolali, dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan BTA?. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan BTA di SDN 2 Donohudan Boyolali cukup baik, walaupun dalam pengelolaan kelas dan penyusunan satuan pelajaran (SP) masih kurang sempurna, dan dalam penggunaan metode cukup beragam sehingga tidak membosankan..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran keislaman, Baca Tulis Al -Qur’an (BTA)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 10 Nov 2010 07:53
Last Modified: 13 Nov 2010 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8908

Actions (login required)

View Item View Item