Entarsih , Ika Mike (2010) POLA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-AMIN PALUR MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000060036.pdf Download (617kB) |
|
PDF
G000060036.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
Abstract
Perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pendidikan yang dilaksanakan secara seimbang antara nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan dan ketrampilan, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Asas pendidikan seperti inilah yang ditawarkan oleh pondok pesantren. Oleh karena itu, keberadaan pondok pesantren yang semakin beragam dalam bentuk, peranan dan fungsi menjadikan adanya fenomena yang cukup berarti dalam upaya membuat suatu pola yang dapat dipahami sebagai acuan untuk pengembangan pesantren masa depan. Pondok pesantren Al-Amin Palur adalah lembaga pendidikan yang berusaha untuk menerapkan dan mengembangkan pola pendidikan, pembinaan dan pengembangan santri untuk keunggulan dan kesempurnaan melalui program pendidikan yang utuh dan terpadu. Berdasarkan permaslahan di atas, maka skripsi ini membahas tentang pola pendidikan yang ada di pondok pesantren Al-Amin Palur. Tujuan dari penulis ini adalah untuk mengetahui pola pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Al-Amin Palur dalam proses pendidikannya. Adapun manfaat dari penulisan ini adalah sumbangan pemikiran untuk meningkatkan pola pendidikan dalam membimbing dan mengarahkan santri. Sedangkan bagi penulis, penelitian ini sebagai sarana untuk membuktikan kebenaran teori-teori yang ada dengan keadaan yang lebih nyata dan menjadi informasi bagi peneliti lain yang melakukan penelitian dengan permasalahan sejenis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data mengguanakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pola pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Al-Amin Palur, dalam hal ini pondok pesantren Al-Amin Palur termasuk pondok pesantren modern, karena pola pendidikan yang diterapkan tidak hanya unsur-unsur utama pesantren tetapi juga dimasukkan ke dalamnya unsur-unsur pendidikan modern yaitu dengan adanya sistem sekolah dan muatan-muatan ilmu umum serta ilmu ketrampilan dalam muatan kurikulumnya. Dari kesimpulan tersebut maka pondok pesantren Al-Amin Palur diharapkan dapat mengembangkan pola pendidikan yang diterapkan sesuai dengan perkembangan zaman dengan tanpa meninggalkan unsur-unsur kepesantrenannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola pendidikan Pondok, pesantren Al-Amin Palur |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Nov 2010 09:17 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 12:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8885 |
Actions (login required)
View Item |