INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

KHADAFI , MUAMMAR (2010) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000060031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img]
Preview
PDF
G000060031.pdf

Download (98kB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai akhlak merupakan tugas guru untuk menciptakan siswa siswi yang berakhlakul karimah. Sehingga terciptanya masyarakat yang berlingkungan yang islami dan tatanan masyarakat yang ideal sesuai norma-norma yang berlaku. Akhlak merupakan tolok ukur suatu bangsa dan keberhasilan pendidikan. Dunia modern saat ini, termasuk di Indonesia ditandai oleh terjadinya dekadensi moral atau kemerosotan akhlak yang benar-benar berada para taraf yang mengkhawatirkan. Internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran Al-Qur’an Hadits telah dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang menggunakan sistem full day school. Rumusan masalah ini adalah Nilai-nilai akhlak apa yang diinternalisasikan melalui pembelajaran Al-Qur’an Hadts di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta.Apa faktor pendudukung, dan penghambat internalisasi nilai-nilai akhlak pada pelajaran Al-Qur’an Hadts di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Tujuan penelitiaan adalah Untuk mengetahui nilai-nilai akhlak yang diinternalisasikan melalui pembelajaran Al-Qur’an Hadts di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta.(2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Manfaat penelitian ini, Secara Teoritis, dapat semakin memperkaya khazanah pemikiran Islam pada umumnya dan bagi civitas akademika Fakultas Agama Islam jurusan Tarbiyah pada khususnya, selain itu dapat menjadi stimulus bagi penelitian selanjutnya, sehingga proses pengkajian secara mendalam akan terus berlangsung dan memperoleh hasil yang maksimal.Secara Praktis, dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum, sehingga mampu menumbuhkan kepedulian terhadap pendidikan pada umumnya dan pendidikan Islam pada khususnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kwalitatif (berupa kata-kata tertulis dari orang dan prilaku yang diamati). Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Kesimpulan penelitian ini adalah Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran Al-Qur’an hadits di SMP Muahmmadiyah 8 Surakarta bisa dikatakan baik, dengan penanaman akhlakul karimah, seperti hormat pada guru, hormat pada orang tua, akhlak sesama manusia, akhlak dalam bermuamalah, akhlak beribadah serta untuk menunjang materi ini SMP Muhammadiyah 8 Surakarta menambah materi penunjang seperti takhsin, BTQ, takhfiz juz amma serta shalat sunnah. namun perlu usaha yang lebih keras untuk untuk meningkatkannya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: akhlak, Al-Qur’an, Hadits
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 29 Oct 2010 09:05
Last Modified: 14 Nov 2010 13:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8863

Actions (login required)

View Item View Item