Fitriani, Winda and , Prof. Dr. Sutama,M.Pd (2020) Pengembangan Game Edukatif Catung Membaca Dan Berhitung Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi revisi3-converted-dikonversi (1)-halaman-dihapus.pdf Download (996kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
revisi halaman depan.pdf Download (796kB) |
|
PDF (Bab I)
revisi bab 1.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
revisi revisi bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
Abstract
Membaca dan berhitung sudah harus diajarkan pada anak usia 4- 6 tahun yang sudah duduk di bangku taman kanak – kanak atau kelompok bermain. Dalam Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional (2003) anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Rancangan media pembelajaran berbasis game edukasi catung ini dengan menggunakan metode R&D ADDIE atau ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)Flowchart, diagram aktivity, Interface Desain atau wireframe, diagram use case.dengan menggunakan Construct 2 sebagai media pembuatan game. Hasil dari pengujian Kelayakan dan kualitas perangkat lunak, dapat dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dengan penjabaran hasil rerata dan persentase uji media dengan dua ahli media sebesar 3,62 yang dinyatakan “sangat Layak” dengan persentase sebesar “91,875%” yang dinyatakan “sangat Layak”, lalu hasil rerata dan persentase uji materi dengan dua ahli materi sebesar 3,66 yang dinyatakan “sangat Layak”dengan persentase sebesar “91,66%” yang dinyatakan “sangat Layak”, uji Compatibility sistem operasi pada komputer dapat berjalan dengan Layak dan lancar tanpa adanya error dan dinyatakan “layak digunakan” dengan persentase 100%. Uji Kelayakan subjek dengan tiga orang anak usia dini pengguna perangkat lunak game edukatif catung mendapatkan persentase 90% dan dinyatakan "Sangat Layak".
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Berhitung, Permainan, Usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | WINDA FITRIANI |
Date Deposited: | 23 Jan 2021 02:32 |
Last Modified: | 23 Jan 2021 02:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/88401 |
Actions (login required)
View Item |