Pengembangan Game Edukatif Catung Membaca Dan Berhitung Untuk Anak Usia 4-6 Tahun

Fitriani, Winda and , Prof. Dr. Sutama,M.Pd (2020) Pengembangan Game Edukatif Catung Membaca Dan Berhitung Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi revisi3-converted-dikonversi (1)-halaman-dihapus.pdf

Download (996kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
revisi halaman depan.pdf

Download (796kB)
[img] PDF (Bab I)
revisi bab 1.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
revisi revisi bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

Membaca dan berhitung sudah harus diajarkan pada anak usia 4- 6 tahun yang sudah duduk di bangku taman kanak – kanak atau kelompok bermain. Dalam Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional (2003) anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Rancangan media pembelajaran berbasis game edukasi catung ini dengan menggunakan metode R&D ADDIE atau ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)Flowchart, diagram aktivity, Interface Desain atau wireframe, diagram use case.dengan menggunakan Construct 2 sebagai media pembuatan game. Hasil dari pengujian Kelayakan dan kualitas perangkat lunak, dapat dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dengan penjabaran hasil rerata dan persentase uji media dengan dua ahli media sebesar 3,62 yang dinyatakan “sangat Layak” dengan persentase sebesar “91,875%” yang dinyatakan “sangat Layak”, lalu hasil rerata dan persentase uji materi dengan dua ahli materi sebesar 3,66 yang dinyatakan “sangat Layak”dengan persentase sebesar “91,66%” yang dinyatakan “sangat Layak”, uji Compatibility sistem operasi pada komputer dapat berjalan dengan Layak dan lancar tanpa adanya error dan dinyatakan “layak digunakan” dengan persentase 100%. Uji Kelayakan subjek dengan tiga orang anak usia dini pengguna perangkat lunak game edukatif catung mendapatkan persentase 90% dan dinyatakan "Sangat Layak".

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Berhitung, Permainan, Usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: WINDA FITRIANI
Date Deposited: 23 Jan 2021 02:32
Last Modified: 23 Jan 2021 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/88401

Actions (login required)

View Item View Item