SURAHMAN, SURAHMAN (2010) MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000050018.pdf Download (67kB) |
|
PDF
G000050018.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
Abstract
Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pembelajaran, serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat mutlak bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Seiring dengan gambaran konseptual tersebut, MTs Muhammadiyah Blimbing juga dihadapkan pada masalah yang sama dalam pembelajaran kelas yaitu masalah pengelolaan dan pengajaran di kelas, baik secara fisik maupun menyangkut siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengelolaan kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang menjadi kendala dalam pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing tahun ajaran 2009/2010. Adapun permasalahannya dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimana pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing; dan apa faktor pendukung dan penghambat manajemen pengelolaan kelas di sekolah tersebut.?” Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya digunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis dari orang atau pelaku yang diamati untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena dari data yang diperoleh di obyek penelitian). Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Manajemen kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing belum berjalan secara maksimal, tetapi untuk manajemen pengelolaan kelas secara fisik, dengan pengaturan tempat duduk, ukuran kelas, ventilasi, alat-alat dan media belajar serta kenyamanan siswa di dalam sudah tercipta. Yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing adalah lingkungan sekolah yang kondusif, guru-gurunya yang sudah berpengalaman (sudah lama mengajar) mengajar sesuai dengan bidangnya masing-masing, hampir semua guru sudah sarjana (S1), bahkan ada yang (S2), adanya kerja sama antara wali kelas dengan siswa dan guru mapel dengan guru BP dalam manajemen pengelolaan kelas, mempunyai siswa yang cukup banyak, serta fasilitasnya yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya siswa-siswa yang kurang menaati tata tertib atau aturan kelas, motivasi guru dalam mengajar yang berbeda-beda, sehingga sulit untuk menyamakan visi dan misi di dalam mengajar, kesejahteraan guru yang belum maksimal, tidak ada tempat untuk memamerkan hasil karya siswa, tempat duduk monoton yang membosankan siswa dalam proses belajar mengajar, adanya sekolah-sekolah pesaing, serta pandangan masyarakat yang menyatakan bahwa sekolah favorit adalah sekolah negeri bukan swasta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pengelolaan kelas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 28 Oct 2010 04:26 |
Last Modified: | 10 Dec 2010 07:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8839 |
Actions (login required)
View Item |