PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008

SAPTORINI , KURNIASIH (2010) PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A220030031.pdf

Download (132kB)
[img] PDF
A220030031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswatentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa jurusan PPKn Tahun akademik 2007/2008. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa jurusan PPKn Tahun akademik 2007/2008 yang keseluruhan berjumlah 193 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 50, yang didasarkan pada jenis penelitian berupa deskriptif korelasional, sehingga jumlah sampel yang reperensetatif adalah lebih dari 10% dari seluruh populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket sebagai metode pokok untuk menggumpulkan data mengenai persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai prestasi akademik mahasisiswa. Metode wawancara dan metode observasi sebagai metode bantu digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari angket. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 42,645, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;47) adalah sebesar 3,20 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,10, hasilnya Fhitung > Ftabel = 42,645 > 3,20 atau 42,645 > 5,10, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik dinyatakan dapat diterima. Variabel persepsi mahasiswa mengenai hak dan kewajiban mahasiswa memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 87,39% dan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 56,34%. Motivasi mengikuti perkuliahan memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 12,61% dan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 8,13%, Sehingga nampak bahwa variabel persepsi mahasiswa mengenai hak dan kewajiban mahasiswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi akademik dibandingkan variabel motivasi mengikuti perkuliahan. Dengan demikian jika motivasi mengikuti perkuliahan maka dapat dipastikan adanya peningkatan prestasi akademik pada mahasiswa yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik. Oleh karena itu lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin tinggi persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan, maka akan semakin tinggi pula prestasi akademiknya, sebaliknya semakin rendah persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan, maka akan semakin rendah pula prestasi akademik mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA , MOTIVASI,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2010 08:19
Last Modified: 14 Nov 2010 13:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8806

Actions (login required)

View Item View Item