FITRIANA , KHOIRIYATIN (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA, GERAK DAN ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TOYS DAN TRICK SISWA KELAS V SDN BANGKLE 05 KEC. BLORA KAB. BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A510081012.pdf Download (140kB) |
|
PDF
A510081012.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran toys dan trick pada materi gaya, gerak dan energi di SD Negeri Bangkle V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus.Tiap satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata kemampuan berpikir ilmiah yaitu nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 56,5. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 64,09. Nilai rata-rata pada siklus 2 adalah 68,27. Nilai rata-rata pada siklus 3 adalah 74,54. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan PTK dapat disimpulkan bahwa tindakan pada siklus I sampai siklus 3 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa SD Negeri Bangkle 05 Tahun ajaran 2009/2010.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berfikir Ilmiah, Pembelajaran toys dan trick |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 23 Oct 2010 05:38 |
Last Modified: | 08 Jun 2012 10:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8799 |
Actions (login required)
View Item |