PRATIWI , RETNA AMBAR (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNA KAN METODE CTL KELAS V SDN 3 MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A510081007.pdf Download (161kB) |
|
PDF
A510081007.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang (a) peningkatan kualitas proses pembelajaran IPA (b) peningkatan kualitas hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Mojo dengan menggunakan metode CTL. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan hasilnya membuktikan bahwa metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran IPA. Dari hari pengamatan pada siklus I diperoleh informasi bahwa dari 22 siswa, ada 41% siswa yang menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran, sedangkan siklus II terdapat 32,2% dan siklus III hanya terdapat 13,6% siswa yang masih kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran IPA. Sementara itu, dari hasil pengamatan pada peniliain IPA dari 22 siswa, pada siklus I diperoleh informasi ada 13 atau 59,1% siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan siklus II terdapat 19 atau 86,4% siswa, dan siklus III semua diatas KKM siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Sistem Pencernaan Manusia 100%. Dengan demikian dapat di simpulkan penggunaan metode CTL dalam proses pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Sistem Pencernaan Manusia siswa kelas V SD Negeri 3 Mojo Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009 / 2010 dapat meningkatkan belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode CTL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 23 Oct 2010 04:58 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 13:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8795 |
Actions (login required)
View Item |