Saputri, Lili and , Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si (2020) Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI Melalui E-learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karya Sakti. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi_Lili Saputri.pdf Download (739kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1. Cover fiks.pdf Download (805kB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf Download (402kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
4. BAB lll.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
7. BAB IV(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
8. BAB V(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA new.pdf Download (422kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran hasil penelitian(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
10. Surat pernyataan publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implemenetasi pembelajaran PPKn kelas XI melalui e-learning pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karya Sakti berikut kendala dan solusinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Karya Sakti. Narasumber dari penelitian ini adalah guru PPKn kelas XI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui tahap pengumpulan, reduksi, penyajian dan verifikasi data. Validitas data menggunakan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dan sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelaran difokuskan pada pelatihan guru menggunakan e-learning, pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi google class room dan whatsaap grup. hasil pembelajaran sebesar 58% di atas KKM dari 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pembelajaran PPKn kelas XI melalui e-learning pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karya Sakti memberikan implikasi jika pembelajaran belum berjalan secara maksimal maka perlu ditingkatkan lagi kemampuan guru dalam menggunakan e-learning dan perbaikan pola komunikasi dengan siswa, menambahkan fasilitas penunjang keberhasilan pembelajaran menggunakan e-learning.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PPKn, E-learning, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | LILI SAPUTRI |
Date Deposited: | 23 Nov 2020 01:48 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 01:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87797 |
Actions (login required)
View Item |