Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI Melalui E-learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karya Sakti

Saputri, Lili and , Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si (2020) Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI Melalui E-learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karya Sakti. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi_Lili Saputri.pdf

Download (739kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1. Cover fiks.pdf

Download (805kB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
4. BAB lll.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA new.pdf

Download (422kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran hasil penelitian(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
10. Surat pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implemenetasi pembelajaran PPKn kelas XI melalui e-learning pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karya Sakti berikut kendala dan solusinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Karya Sakti. Narasumber dari penelitian ini adalah guru PPKn kelas XI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui tahap pengumpulan, reduksi, penyajian dan verifikasi data. Validitas data menggunakan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dan sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelaran difokuskan pada pelatihan guru menggunakan e-learning, pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi google class room dan whatsaap grup. hasil pembelajaran sebesar 58% di atas KKM dari 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pembelajaran PPKn kelas XI melalui e-learning pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Karya Sakti memberikan implikasi jika pembelajaran belum berjalan secara maksimal maka perlu ditingkatkan lagi kemampuan guru dalam menggunakan e-learning dan perbaikan pola komunikasi dengan siswa, menambahkan fasilitas penunjang keberhasilan pembelajaran menggunakan e-learning.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PPKn, E-learning, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: LILI SAPUTRI
Date Deposited: 23 Nov 2020 01:48
Last Modified: 09 Mar 2021 01:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87797

Actions (login required)

View Item View Item