MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010

SURANTO, SURANTO (2010) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070475.pdf

Download (112kB)
[img] PDF
A510070475.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa-peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa tentang peristiwa-peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dengan menggunakan pembelajaran cooperatif jigsaw learning pada khususnya. Diharapkan penelitian ini akan bermanfaat bagi SDN 01 Sringin, Guru SDN 01 Sringin khususnya dan guru mata pelajaran IPS pada umumnya, serta siswa sebagai objek peneliti. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal maka dilakukan analisis data hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 70 sangat rendah yaitu hanya 9 siswa atau 45 % dari 20 siswa, maka guru menggunakan pembelajaran cooperatif jigsaw learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di mana data awal digunakan sebagai pembanding dengan data setelah dilakukannya siklus I, dan siklus II untuk mendapatkan ketuntasan yang optimal pada siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran cooperatif jigsaw leraning oleh guru diperoleh data bahwa kondisi awal persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran anak mendapat nilai rata-rata 63 pada pembelajaran siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 68, meningkat sebesar 20 %.Pada siklus II persentasi guru dalam mengelola pembelajaran adalah dengan nilai rata-rata 78, meningkat sebesar 35 %. Jadi penggunaan pembelajaran cooperatif jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 01 Sringin pada tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Pembelajaran cooperatif jigsaw learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:33
Last Modified: 14 Nov 2010 14:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8745

Actions (login required)

View Item View Item